7 Cara Jitu Mengatasi Android yang Lemot & Inilah Penyebabnya

7 Cara Jitu Mengatasi Android yang Lemot & Inilah Penyebabnya – Smartphone android Anda sering lemot? Tentunya hal ini sangat mengganggu bukan? Namun jangan keburu panik dulu, android yang lemot dapat diatasi kok. Mau tahu bagaimana cara mengatasi android yang lemot? Berikut telah kami rangkum penjelasannya. Silahkan disimak.

Penyebab Android Lemot

Sebenarnya, cara mengatasi android yang lemot tidaklah sulit. Pertama, Anda perlu mengetahui apa saja penyebab android jadi lemot. Dengan begitu, Anda dapat menentukan langkah paling tepat dalam mengatasi atau mencari solusinya.

7 Cara Jitu Mengatasi Android yang Lemot & Inilah Penyebabnya

1. Versi OS

Pemakaian OS versi tinggi pada perangkat dengan RAM dan memori internal yang kecil dapat membuat android Anda menjadi lemot. Misalnya, penggunaan OS Nougat sangat tidak sesuai untuk perangkat android yang hanya tersemat RAM 1GB dan internal 8GB, jika dipaksakan akan menyebabkan lemot.

2. Aplikasi Belakang Layar

Banyaknya aplikasi yang berjalan di belakang layar memakan kapasitas RAM dan memberatkan kerja CPU sehingga mengakibatkan android lemot.

3. Memori Internal dan Eksternal

Proses “caching” pada android dapat memakan kapasitas memori internal maupun eksternal yang dapat membuat perangkat lemot. Ruang memori yang semakin menipis juga bisa menjadi faktor lemotnya android.

4. Personalisasi

Penggunaan widget berlebihan, live wallpaper, atau launcher yang berat dapat memakan RAM dan menyebabkan lemot. Jika tak sesuai dengan spesifikasi smartphone, personalisasi perangkat Anda justru akan membuat lemot.

5. Cache

Cache sebenarnya membantu mempercepat pengoperasian aplikasi. Namun, jika sudah menumpuk tentu menyebabkan android lemot.

Baca juga :

Cara Mengatasi Android yang Lemot

Setelah mengetahui penyebabnya, kini saatnya Anda mempelajari cara mengatasi android yang lemot. Nah, berikut tips-tipsnya.

  1. Gunakan Versi OS yang Sesuai

Sesuaikan penggunaan versi OS dengan spesifikasi yang mendukung perangkat android Anda. Pertimbangkan besarnya kapasitas RAM dan ruang memori internal agar perangkat Anda tidak lemot.

  1. Kill Proses Belakang Layar

Proses aplikasi yang masi berjalan di belakang layar bisa menjadi penyebab lemotnya android Anda. Untuk itu, hentikan proses tersebut dengan cara masuk ke Setelan > Manajemen Aplikasi > Sedang Berjalan > klik aplikasinya > Berhenti (berbeda pada tiap perangkat android).

  1. Personalisasi Seperlunya

Personalisasi memang bertujuan untuk mempercantik tampilan handphone Anda. Namun, jika berlebihan justru membuat android jadi lemot. Kurangi penggunaan widget dan live wallpaper serta gunakan laucher ringan saja agar handphone Anda dapat bekerja lebih maksimal.

  1. Freeze/Disable Aplikasi

Tak semua aplikasi belakang layar dapat di-kill, terutama aplikasi sistem. Untuk mengatasinya, disable aplikasi melalui info aplikasi. Atau, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Link2SD.

  1. Install Aplikasi Seperlunya

Semakin banyak Anda menginstall aplikasi, maka ruang yang tersisa pada memori internal semakin sedikit. Ditambah lagi dengan semakin meningkatnya penggunaan RAM. Untuk itu, gunakan aplikasi seperlunya saja yang benar-benar Anda butuhkan.

  1. Pindah Aplikasi ke Memori Eksternal

Trik cara mengatasi android yang lemot bisa dilakukan dengan memindahkan aplikasi ke memori eksternal. Dengan begitu, ruang yang tersedia di memori internal akan bertambah, sehingga handphone Anda terhindar dari lemot.

  1. Bersihkan Sampah dan Cache

Sampah dan cache yang sudah menumpuk sangat mengganggu kinerja smartphone dan menyebabkan lemot. Untuk itu, sebaiknya Anda membersihkan sampah dan cache yang berisi file tidak penting tersebut. Caranya masuk ke Setelan > Aplikasi > klik Aplikasi > Hapus Cache.

Nah, kini Anda tak perlu lagi khawatir android menjadi lemot. Mungkin itu saja ulasan yang kami sampaikan untuk anda tentang cara mengatasi android yang lemot. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

7 Cara Jitu Mengatasi Android yang Lemot & Inilah Penyebabnya | embul | 4.5