Cara Ampuh Mempercepat Pengisian Baterai Android

Cara Ampuh Mempercepat Pengisian Baterai AndroidPernah merasa jenuh karena pengisian baterai Android terbilang sangat lambat? Nah, jangan khawatir, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan cara mempercepat pengisian baterai Android yang paling ampuh dan paling mudah untuk anda lakukan.

Bagaimana caranya? Langsung saja, ikuti pembahasan lengkapnya di bawah ini. Check this out!

Solusi untuk Mempercepat Pengisian Baterai Android

  • Matikan Ponsel Android

Ponsel Android yang selalu dalam keadaan aktif tentu saja akan tetap memakan daya baterai, terlepas itu mengkonsumsi sedikit atau pun banyak. Intinya, ketika ponsel anda dalam keadaan menyala banyak aplikasi yang berjalan di belakang layar yang akan membuat proses charging bertambah semakin lama.

Maka dari itu, supaya hanya aktivitas pengisian daya saja yang bekerja, sebaiknya anda menonaktifkan ponsel selama pada saat proses pengisian baterai.

cara mempercepat pengisian baterai

Baca juga :

Trik jitu Mempercepat Pengisian Baterai

  • Gunakan Air Plane Mode

Jika anda tidak ingin menonaktifkan ponsel, sebagai alternatifnya anda bisa mengaktifkan air plane mode alias mode terbang. Dengan memanfaatkan fitur tersebut, maka daya baterai yang akan dikonsumsi jauh lebih sedikit karena ponsel otomatis akan beristirahat dari pekerjaanya dalam mencari jaringan yang stabil untuk anda.

  • Istirahatkan Ponsel Android

Dua solusi yang sudah dibahas di atas memang mempunyai kelemahan tersendiri. Kelemahan tersebut adalah anda tidak akan mendapatkan SMS, chat, maupun telepon selama proses charging berlangsung. Sehingga mau tidak mau anda akan ketinggalan banyak kabar penting.

Nah, solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah anda tetap bisa mengaktifkan ponsel dan mendapatkan charging baterai dengan cepat, asal dengan syarat, anda tidak memainkan ponsel tersebut.

Dijamin, kalau hobi anda adalah main game atau chattingan selama di cas, maka lambat laun umur baterai ponsel anda pun akan semakin menurun dan yang paling fatal bisa membuat baterai menjadi kembung.

Tidak hanya itu, ponsel anda juga akan cepat menjadi panas sebab dipaksa bekerja dalam dua fungsi sekaligus yaitu menambah daya baterai, dan menghabiskan baterai karena aktivitas yang anda lakukan.

  • Gunakan Sumber Listrik yang Normal

Solusi yang keempat adalah, anda harus memastikan bahwa sumber listrik yang dipakai untuk pengisian baterai benar-benar normal dan aman.

Jangan menggunakan sumber listrik yang arusnya lebih besar, karena dapat membuat charger anda terbakar, dan jangan pula menggunakan arus kecil seperti colokan USB Laptop, karena justru akan merusak daya tahan baterai ponsel Android anda, sekaligus baterai laptop itu sendiri

  • Gunakanlah Charger yang Asli

Tidak bisa kita pungkiri bahwa apapun yang bersifat original sekalipun itu mahal memang jauh lebih baik ketimbang yang abal-abal. Selain itu, menggunakan produk original memang terbukti jauh lebih aman.

Dengan demikian, pastikanlah anda menggunakan charger asli supaya baterai anda cepat terisi sampai penuh. Karena biasanya, nih, charger original yang sesuai dengan merk ponsel Android, pasti dibuat dengan memperhatikan kualitasnya

Di samping itu, output dari charger original juga pasti sangat pas dan disesuaikan dengan kebutuhan ponsel Android anda, jadi bukan hanya pengisian baterai saja yang menjadi jauh lebih cepat, melainkan daya tahan baterai ponsel pun dapat lebih awet..

  • Gunakanlah Charger dengan Ampere yang Besar

Jika anda kurang puas dengan kinerja dari charger original yang anda miliki, cobalah untuk menggunakan charger dengan ampere yang lebih besar. Nah, jika ampere charger anda hanyalah 1A, maka coba gunakan charger dengan ouput  2A. Dengan demikian dapat dipastikan bahwa anda akan memperoleh pengisian baterai yang lebih cepat dari biasanya.

Sebagai catatan, anda harus tetap memperhatikan input arus maksimal dari baterai yang anda miliki. Pastikan juga bahwa penahan arus maksimal baterai anda memang memadai untuk menggunakan charger dengan output yang jauh lebih besar. Karena jika tidak, justru akan membuat baterai malahan menjadi cepat rusak.

  • Gunakanlah Aplikasi Pihak Ketiga

Jika anda mencari aplikasi tambahan supaya proses charging bisa lebih cepat, maka anda akan menemukan banyak sekali aplikasi yang mengusung fungsi utama tersebut di Google Play Store. Silahkan anda coba satu persatu.

Jika malas, baca saja testimony dari pengguna Android pada halaman komentar dari aplikasi fast charging yang akan anda download. Patokannya semakin banyak yang mendownload, testimony lebih banyak yang positif dan ditambah rate bintang yang tinggi, maka itulah aplikasi terbaik yang bisa anda andalkan.

Nah, demikianlah ulasan lengkap mengenai bagaimana cara mempercepat pengisian baterai Android. Selamat mencoba 7 solusi yang telah kami sampaikan.

 

Cara Ampuh Mempercepat Pengisian Baterai Android | embul | 4.5