Cara Jitu Mengatasi Laptop Sering Mati Sendiri Terbaru

Cara Jitu Mengatasi Laptop Sering Mati Sendiri Terbaru – Apakah Anda memiliki laptop yang sering mati sendiri? Tentunya wajar jika merasa kesal, terlebih bila hal tersebut terjadi saat sedang serius menyelesaikan pekerjaan penting. Kejadian ini tentunya bisa terjadi pada siapa saja. Dan ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Ada beberapa sebab mengapa laptop sering mati sendiri. Beberapa di antaranya adalah:

Laptop Overheat

Laptop maupun komputer yang digunakan untuk bekerja terlalu lama biasanya akan menjadi panas. Karena tidak kuat menahan panas biasanya mereka akan mati sendiri. Seperti halnya manusia jika harus bekerja terus menerus tentu saja akan lelah dan jika sudah tidak kuat pasti memilih untuk tidur dan lebih buruknya lagi pingsan.

Maka dari itu aturlah penggunaan laptop. Perhatikan setalah berapa jam laptop akan mati. Usahakan istirahatkan laptop tiap tiga jam sekali minimal selama lima belas menit hingga suhu laptop tidak lagi panas. Jangan lupa untuk membeli cooling pad agar suhu laptop tidak terlalu panas ketika digunakan untuk bekerja.

Cara Jitu Mengatasi Laptop Sering Mati Sendiri Terbaru

Baca juga :

Tips & Penyebab Laptop Sering Mati Sendiri

Kaki RAM Kotor

Coba bongkar laptop Anda lalu lepas RAM-nya secara perlahan. Jika RAM tersebut kotor bersihkanlah dengan penghapus pensil. Bersihkanlah dengan perlahan, karena bila terlalu kasar kaki RAM bisa patah

Sistem Operasi Eror

Penyebab laptop sering mati sendiri yang selanjutnya adalah sistem operasi yang eror. Jika begini tinggal install ulang lagi saja. Tapi pastikan file-file penting tidak Anda simpan di partisi C. Backup semua data penting untuk mengantisipasi apabila setelah diinstall ulang data-data yang penting menghilang.

Cooler Processor Kotor atau Kabel Putus

Pada setiap processor baik komputer maupun laptop terdapat cooler. Cooler adalah kipas yang terdapa di atas processor. Sesuai dengan namanya cooler berfungsi untuk mendinginkan processor.

Selain cooler processor yang berdebu, penyebab laptop yang sering mati bisa jadi karena kabel cooling fan putus. Mengapa bisa putus? Karena bisa jadi saat melakukan pemasangan kabel tidak ditata dengan rapi sehingga tersangkut pada baling-baling fan, jadi ketika fan tersebut berputar dan mengenai kabel maka putuslah kabel tersebut dan menyebabkan cooling fan mati.

Cara Ampuh Mengatasi Laptop Sering Mati Sendiri

Selalu Gunakan Cooling Pad dan Bekerja di Tempat yang Dingin

Agar laptop tidak cepat panas dan sering mati sendiri, gunakanlah cooling pad sebagai alasnya. Anda bisa membelinya di toko-toko komputer. Pilihlah cooling pad yang RPM-nya tinggi. Karena semakin tinggi RPM cooling pad maka semakin dingin pula angin yang dihasilkannya.

Usahakan juga untuk selalu bekerja di ruangan yang ber AC atau yang ada kipas anginnya.

Bersihkan Motherboard dengan Vacum Cleaner

Sebulan sekali cek lah motherboard apakah berdebu atau tidak. Jika sudah berdebu bersihkanlah dengan vacum cleaner. Gunakan vacum cleaner yang kecil/mini.

Jangan membersihkan motherboard dengan tisu atau kain basah karena akan konslet dan laptop justru mati total.

Kain atau tisu basah bisa digunakan untuk membersihkan casing laptopnya saja.

Bersihkan Cooler Processor

Bersihkan cooler pada processor apabila berdebu. Karena debu pada cooler dapat menghambat  proses pendinginan processor.

Apabila kabel cooling fan putus maka gantilah cooling fan-nya. Anda bisa membelinya di toko komputer tetapi jika bingung dan takut jika menggantinya sendiri akan membuat makin rusak maka lebih baik bawa saja ke tukang service.

Itulah beberapa penyebab latop sering mati sendiri dan cara mengatasinya. Silakan dicoba tips-tips diatas, dan semoga berhasil.

Cara Jitu Mengatasi Laptop Sering Mati Sendiri Terbaru | embul | 4.5