Cara Menggunakan NCF & Fungsi Pada Android 2018

Cara Menggunakan NCF & Fungsi Pada Android 2018 – Jika anda pernah membaca novel Tereliye berjudul ‘Hujan’, anda akan mendapati pembayaran kereta secara nirkabel menggunakan jam tangan. Hal ini mungkin akan menjadi lanjutan dari perjalananan NCF. NCF atau Near-Field Communication saat ini menjadi semakin hits diantantara paa pengguna ponsel pintar atau smartphone.

Aplikasi NCF sering ditampilkan dalam berbagai iklan online, namun banyak pengguna smartphone yang belum menggunakan aplikasi ini dengan maksimal bahkan tidak mengetahui apa itu Aplikasi NCF. Bagaimana dengan anda? Sudahkan anda tahu dan faham apa itu NCF dan Fungsinya?

Cara Menggunakan NCF & Fungsi Pada Android 2018

Pengertian & Fungsi NFC Pada Perangkat ponsel

Baca juga :

Pengertian NFC

Near Field Communication atau biasa dusebut NFC merupakan sebuah tekhnologi terbaru dan mutakhir dalam bidang perpindahan data berbasis teknologi RFID atau Radio Frequency Identification yang menggunakan jaringan nirkabel sehingga memudahkan komunikasi data antar perangkat elektronik jarak dekat dengan menggunakan perantara induksi magnetic yang terdapat dalam perangkat elektronik itu sendiri.

Fungsi atau Manfaat NCF

Dengan adanya kemajuan teknologi dalam bidang komunikasi data antar perangkat elektronik ini menjadikan manfaat dari NCF itu sendiri semakin beragam. NCF sendiri berfungsi menjadikan komunikasi data antar perangkat elektronik menjadi lebih sederhana. Dari yang awalnya mengharuskan perangkat mengaktifkan Bluetooth maupun fitur WiFi yang membutuhkan otentikasi dan penyamaan koneksi dahulu untuk bisa digunakan dan umumnya menyita waktu cukup lama, NCF hadir dengan otentikasi antar perangkat elektronik hanya memerlukan waktu yang singkat (beberapa detik).

Dengan adanya teknologi NCF ini maka pengguna akan dimudahkan dalam hal mengkomunikasikan data seperti pertukaran konten digital baik gambar, audio, maupun video. Kemudian NCF juga dijadikan solusi mutakhir untuk pembelian barang, pembelian tiket, pembayaran instan bahkan menjadi salah satu digital wallet atau dompet digital selain dengan kartu kredit.

Dengan NCF anda tidak perlu membawa dompet maupun kartu kredit untuk alat pembayaran secara fisik, cukup dengan membawa smartphone anda yang tentunya harus memiliki fungsi NCF. Beberapa aplikasi seperti Google Wallet dari pengembang Google, dan komponen yang mendukungnya seperti PayPass dari Mastercard telah banyak digunakan di berbagai Negara Eropa. Hal ini menjadikan para merchant disana terdorong untuk menyediakan fitur pendukung pembayaran melalui NCF yang dinamai ‘Tag’ atau sejenis reader untuk perangkat yang memiliki fitur NCF.

Perangkat yang memiliki NCF diantaranya Android, BlackBerry dan Windows Phone. Sayangnya perangkat Apple justru tidak masuk dalam jajaran pengakat elektronik yang mengusung NCF didalamnya. NCF tidak selalu berbentuk smartphone namun chip NCF dapat berupa kartu baik itu kartu Identitas, Kartu Elektronik, dan sebagainya. Bahkan ada juga NCF yang dimasukkan dalam gantungan unci, kalung, jam tangan dan gelang.

Di Asia sendiri, NCF pertama kali muncul di Jepang dan Korea Selatan hingga sekarang menyebar ke segala penjuru Asia. Jika sering melihat drama Korea, akan sering terlihat warganya menempelkan kartu pada saat masuk bus. Di Indonesia NCF sudah diadopsi untuk pelayanan di beberapa bidang indutri dan institusi untuk kepentingan identitas diri, finansial,  dan control room akses.

Perbedaan NCF dengan Bluetooth

NCF sendiri merupakan salah satu pengembangan dari fitur Bluetooth pada ponsel dan juga RFID dimana dalam NCF masih terdapat RFID sebagai  gelombang penghubung antar perangkat dan juga teknologi yang biasanya kita gunakan untuk transfer data melalui Bluetooth dalam proses penyambunganya. Penggunaan NCF pada smartphone banyak memiliki kelebihan disbanding dengan Bluetooth. Keunggulannya terletak dalam teknologi yang dapat dengan mudah dan cepat membuka berbagai macam bentuk komunikasi dan transaksi. Dengan keunggulan itu, pegguna dapat melakukan banyak kegiatan yang mereka inginkan hanya dengan menyentuh ataupun menempatkan perangkat dekat dengan perangkat NCF yang lain.

Itulah tadi Pegertian NCF, Fungsi dan manfaat dari NCF, serta Perbedaan NCF dengan Bluetooth. Semoga dapat dimengerti dan bermanfaat untuk anda semua.

Cara Menggunakan NCF & Fungsi Pada Android 2018 | embul | 4.5