Cara Mudah Mengatasi Smartphone yang Terjangkit Virus Iklan

Cara Mudah Mengatasi Smartphone yang Terjangkit Virus IklanMemiliki sistem yang sama seperti PC membuat smartphone sangat rentan terhadap virus, baik yang berbahaya maupun virus yang tidak bahaya. Salah satu virus yang tidak berbahaya namun sangat mengganggu para penggunanya adalah virus iklan. Virus ini sangat mudah masuk pada smartphone terutama bagi mereka yang masih awam tentang dunia internet dan secara sembarangan melakukan klik atau mengunduh file.

Umumnya, virus iklan masuk melalui klik – klik pada web tertentu dan secara tidak sadar anda mengikuti setiap langkahnya. Atau bisa juga virus jenis ini masuk melalui file yang anda unduh dari situs tidak resmi. Akibatnya, spam iklan dan pop up pun akan terus muncul pada smartphone anda dan itu sangat mengganggu dan merugikan.

Lalu bagaimanakah mengatasinya? Berikut tips mengatasi smartphone yang terjangkit virus iklan, yang sebaiknya anda terapkan.

Cara Mudah Mengatasi Smartphone yang Terjangkit Virus Iklan

Baca juga :

Tips Mengatasi Android Terkena Virus Iklan

Sebelum masuk ke tips mengatasinya, akan lebih baik apabila kita mengenali terlebih dahulu apa akibat yang dapat terjadi oleh virus iklan ini. Nah, berikut beberapa di antaranya.

  • Mengganggu kenyamanan

Ini mutlak, kenyamanan anda bersama smartphone akan banyak terdistraksi karena iklan yang sering muncul dihadapan anda. Dan jika diklik, maka anda akan dibawa ke suatu situs yang sebenarnya sangat tidak diperlukan dan hanya akan membuang-buang waktu berharga anda.

  • Baterai lebih boros dari biasanya

Tentu saja karena munculnya iklan dan pop up pada layar smartphone akan menyerap lebih banyak daya dari baterai sehingga anda harus mengecas lebih sering dari biasanya.

  • Smartphone semakin lelet

Penggunaan RAM berlebih yang termakan oleh iklan membuat ruang penyimpanan sementara ini semakin penuh sehingga proses yang berjalan akan berjalan sangat lambat. Berbeda jika tanpa iklan. Hal ini tentu akan sangat mengganggu bukan?

  • Konsumsi data naik dari biasanya

Nah, ini lah yang sangat menjengkelkan. Karena iklan tersebut datang dari internet, maka mau tidak mau kuota anda akan tercuri untuk kemunculan iklan – iklan itu. Hal ini membuat data anda terus berkurang bahkan saat smartphone tidak digunakan.

Cara mengatasi smartphone yang terjangkit virus iklan

Nah, setelah mengetahui kerugian – kerugian yang disebabkan oleh virus ini, berikut kami berikan tips mengatasinya.

  1. Uninstall aplikasi biang virus

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, virus iklan bisa saja masuk melalui aplikasi. Terkadang, aplikasi ini juga muncul secara tiba – tiba walaupun tidak diunduh. Jika ada aplikasi demikian, segera untuk menguninstallnya karena besar kemungkinan aplikasi tersebutlah pembawa virus itu.

Namun jika tidak ada, coba ingat – ingat apakah anda pernah menginstall atau mendowload aplikasi dari luar Play Store atau App Store, jika iya anda bisa segera mencopot aplikasi tersebut karena aplikasi dari sumber tidak resmi berpotensi besar membawa virus yang merugikan.

  1. Install aplikasi antivirus

Jika cara sebelumnya kita harus melakukannya secara manual, maka dengan cara ini, anda cukup menyerahkannya pada aplikasi pihak ketiga. Sekarang, sudah banyak antivirus di Play Store atau App Store dengan kemampuan mumpuni yang dapat anda andalkan untuk membasmi virus yang menjangkiti smartphone anda.

Anda tinggal melakukan scanning menggunakan antivirus yang sudah didownload, lalu tunggu hingga antivirus mendeteksi adanya virus, selanjutnya tinggal membersihkan virus tersebut.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk menanggulangi virus iklan. Namun jika virus masih membandel, anda bisa melakukan factory reset, atau membawanya ke tukang service terdekat.

Cara Mudah Mengatasi Smartphone yang Terjangkit Virus Iklan | embul | 4.5