Trik Jitu Mengatasi Layar Sentuh Error Bergerak Sendiri

Trik Jitu Mengatasi Layar Sentuh Error Bergerak Sendiri Adanya teknologi layar sentuh memang sangat memudahkan pekerjaan manusia dalam berkomunikasi dan melakukan banyak hal pada gadged. Tinggal menyentuh atau mengusap layar, maka beragam intruksi bisa dijalankan.

Namun tentunya tak ada ciptaan manusia yang sempurna. Kemajuan teknologi seperti ini pastinya juga tak lepas dari masalah atau error. Layar sentuh juga sering kali mengalami error seperti tidak dapat bergerak ketika disentuh (stuck) hingga bergerak sendiri.

Umumnya hal – hal seperti ini diakibatkan karena smartphone jatuh, smartphone kemasukan air, layar yang sedang basah, atau penyebab lainnya. Jika sudah seperti ini, jangan buru – buru mengklaim smartphone anda rusak dan membawanya ke reparasi, karena anda bisa melakukan pertolongan pertama terlebih dahulu. Bagaimana caranya?

Trik Jitu Mengatasi Layar Sentuh Error Bergerak Sendiri

Baca juga :

Cara mudah mengatasi layar sentuh error dan bergerak sendiri

  1. Layar basah

Ini adalah masalah yang paling umum dan sering terjadi sekalipun layar sudah terpasang pelindung. Layar yang basah akan menimbulkan pembacaan yang jamak sehingga dia akan bergerak secara random tanpa dapat dikontrol. Jika sudah demikian, sebaiknya matikan smartphone untuk menghindari layar yang semakin random, lalu usap layar menggunakan bahan lembut hingga kering.

Hidupkan kembali smartphone dan coba dioperasikan lagi.

  1. Cek pelindung layar

Error – error seperti ini juga bisa saja disebabkan oleh pelindung layar yang terpasang. Penggunaan pelindung layar juga berpotensi menimbulkan ghost touch sehingga kursor akan bergerak sendiri. Untuk mengatasi hal ini, cek pelindung layar apakah sudah bersih, atau ada beberapa kotoran yang menyebabkan error tersebut.

  1. Overheat

Ini biasanya terjadi pada mereka yang terlalu lama bermain game hingga smartphone manjadi sangat panas atau overheat. Jika sudah panas, jangan heran kalah pembacaan layar menjadi sangat kacau yang berakibat kursor bergerak sendiri.

Solusinya adalah berhentilah bermain game, matikan smartphone, dinginkan smartphone anda dengan diangin – anginkan atau yang lain.

  1. Bug pada Firmware

Setiap terjadi error pada software sebuah smartphone, pasti berpotensi dikaitkan dengan firmware. Untuk itu, dalam kasus ini coba cek firmware anda apakah sudah menggunakan yang terupdate. Jika belum, segera update dan kemungkinan besar masalah akan teratasi.

  1. Kalibrasi layar sentuh

Nah, cara ini merupakan cara yang bisa anda lakukan dengan tidak memanfaatkan sistem internal smartphone, melainkan bantuan aplikasi tambahan dari luar smartphone. Anda bisa mengunduh aplikasi pengkalibrasi touch screen yang banyak tersebar di Play Store dan sebagian besar gratis.

Dengan aplikasi tersebut, anda bisa mengkalibrasi layar sentuh anda dan kemungkinan besar akan kembali normal dan bahkan lebih baik dari pada sebelumnya.

  1. Matikan Force GPU Rendering

Bagi anda yang gemar menjelajah smartphone, pasti sudah tidak asing dengan opsi pengembang bukan? Nah, pada opsi pengembang ini pengguna diberi kesempatan untuk mengembangkan smartphone lebih jauh lagi tentunya dengan batas yang ada.

Pada opsi pengembang ini, anda bisa mematikan opsi Force GPU Rendering. Biasanya jika opsi ini dalam keadaan ON, memang pergerakan layar sedikit random.

  1. Factory Reset

Dan seperti setiap masalah smartphone lainnya, jalan terakhir jika semua cara tidak dapat dilakukan adalah factory reset. Karena selama tidak ada kerusakan pada hardware, cara ini sudah pasti akan mengembalikan smartphone anda seperti baru dari segi software sehingga semua fungsinya akan kembali seperti semula.

Namun jangan lupa untuk memback up setiap file dan aplikasi penting mengingat cara ini dapat membersihkan secara total memori telepon.

Bagaimana, tidak sulit bukan? Itulah informasi mengenai penyebab dan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi layar error. Semoga bermanfaat.

Trik Jitu Mengatasi Layar Sentuh Error Bergerak Sendiri | embul | 4.5